Menu

Mode Gelap

Teknologi · 14 Agu 2024

Cara Aman Pakai WiFi Umum, Enggak Bikin Rekening Dibobol


					Cara Aman Pakai WiFi Umum, Enggak Bikin Rekening Dibobol Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Menggunakan jaringan Wi-Fi publik seperti kedai kopi, bandara, dan tempat umum lainnya untuk terhubung ke dunia maya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan WiFi di tempat umum.

Sebab, ada celah keamanan siber yang memungkinkan peretas meretas jaringan WiFi. Selain itu, penjahat dunia maya dapat membuat jaringan WiFi palsu atau meretas jaringan yang sudah ada.

Masalah keamanan ini ditemukan dalam desain standar protokol WiFi IEEE 802.11, yang memungkinkan penyerang mengelabui titik akses agar menampilkan bingkai jaringan WiFi berwarna putih.

Frame WiFi sendiri merupakan paket data yang berisi header, payload, dan trailer yang berisi informasi seperti lokasi dan alamat MAC, informasi pemantauan dan pengendalian.

Jika Anda terjebak dalam perangkap ini, penjahat dunia maya dapat memperoleh informasi pribadi seperti login media sosial, detail bank, dan alamat email yang tidak mudah digunakan.

Padahal, dengan modal tersebut pelaku kejahatan siber bisa mengeluarkan uang korbannya.

Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati saat menggunakan jaringan WiFi publik. Berikut cara menggunakan WiFi dengan aman, menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky: Hubungkan jika Anda mau

Umumnya disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi publik hanya jika diperlukan karena potensi masalah keamanan. Periksa apakah jaringan aman

Saat menggunakan WiFi publik, memverifikasi keabsahan jaringan dengan penyedia layanan dapat membantu melindungi koneksi dari penipu yang dapat mengumpulkan informasi dan data pribadi.

Jika jaringan WiFi publik meminta kredensial login untuk platform lain, seperti jejaring sosial, itu adalah tanda bahaya. Permintaan ini mewakili upaya phishing untuk mencuri informasi pribadi guna mencegah transaksi

Disarankan untuk tidak memproduksi produk sensitif menggunakan jaringan WiFi publik.

Ini adalah cara aman untuk mencegah akses ke situs web yang memerlukan informasi login, terutama layanan keuangan, saat terhubung ke WiFi publik.

Menurut Kaspersky, penggunaan VPN saat menggunakan jaringan WiFi publik dapat meningkatkan privasi internet.

VPN modern mengenkripsi data dan melindungi aktivitas online dari akses tidak sah, dan penggunaannya tidak memengaruhi kecepatan Internet, sehingga cocok untuk penggunaan terus-menerus.

(tim/dmi)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi