Menu

Mode Gelap

Teknologi · 15 Agu 2024

Cerita Gigantopithecus Blacki, Kera Terbesar yang Pernah Huni Bumi


					Cerita Gigantopithecus Blacki, Kera Terbesar yang Pernah Huni Bumi Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Kisah King Kong, kera raksasa dengan kekuatan luar biasa dalam cerita fiksi, tidak sepenuhnya fantastik. Primata terbesar yang pernah ada di Bumi.

Gigantopithecus blacki merupakan kera terbesar yang pernah tercatat dan hidup di Bumi. Ukurannya hampir 3 meter dan beratnya hampir dua kali lipat gorila.

Dia adalah “King Kong” sejati yang telah menangkap imajinasi populer. Namun, hilangnya makhluk ini tetap menjadi salah satu misteri terbesar di bidang paleontologi.

Gigantopithecus blacki pertama kali diidentifikasi sekitar satu abad yang lalu dari gigi besar yang dijual sebagai obat “tulang naga” di apotek Hong Kong.

Kera besar yang diduga punah karena kesulitan beradaptasi terhadap perubahan vegetasi ini merupakan salah satu jenis primata herbivora.

Menurut Kira Westaway, seorang profesor dan ahli geokronologi di Universitas Macquarie di Australia, spesies ini berkembang biak sekitar 2 juta tahun yang lalu di lingkungan hutan muson subtropis dan memakan buah-buahan.

“Sekitar (700.000 atau) 600.000 tahun yang lalu, kami mulai melihat perubahan besar pada lingkungan, dan pada saat itu kami melihat penurunan ketersediaan buah-buahan,” kata Kira seperti dikutip CNN.

“Giganto [makan] makanan pengganti yang kurang bergizi. Bukti ini kami peroleh dengan mengamati struktur giginya. “Gigitan dan cakaran pada giginya menunjukkan bahwa ia memakan makanan berserat seperti kulit kayu dan ranting dari lantai hutan,” jelasnya.

Mengingat kurangnya fosil non-kranial, sulit untuk mengetahui secara pasti seperti apa rupa Gigantopithecus Blacki.

Diketahui bahwa gigi geraham atasnya 57,8 persen lebih besar dari gorila, dan gigi geraham bawahnya 33 persen lebih besar. Hal ini menunjukkan bobotnya berkisar antara 200 hingga 300 kilogram.

Dengan ukuran sebesar itu, kemungkinan besar Giganto akan hidup di tanah dan berjalan dengan kepalan tangannya.

Berdasarkan analisis protein yang ditemukan pada fosil Gigantopithecus, kerabat terdekatnya yang masih hidup ternyata adalah orangutan Kalimantan.

Selama hampir satu dekade, peneliti Tiongkok dan Australia mengumpulkan sampel sedimen dari 22 gua di wilayah Guangxi di Tiongkok selatan, yang berbatasan dengan Vietnam.

Hasilnya menunjukkan separuh gua berisi fosil Gigantopithecus, sedangkan separuhnya lagi tidak. Gua-gua di Tiongkok selatan adalah rumah bagi sekitar 2.000 fosil gigi dan empat rahang spesies Gigantopithecus.

“Gua paling awal, berusia 2 juta tahun, memiliki ratusan gigi, namun gua yang lebih muda, sekitar masa kepunahan, hanya memiliki 3 hingga 4 gigi,” kata Kira.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui kapan fosil tersebut terkena sinar matahari dan berapa lama berada di dalam gua.

Analisis isotop juga dilakukan terhadap unsur-unsur seperti karbon dan oksigen dalam fosil gigi Gigantopithecus untuk mengungkap pola makan hewan tersebut.

“Gigi atau rahang bawah kera besar (berdasarkan bukti fosil yang ditemukan) mengalami proses kematian, pembusukan, pelapukan, pengangkutan, dan pengendapan yang sangat kompleks sebelum tertanam di sedimen gua,” jelas Kira.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan iklim dan vegetasi hutan yang menyebabkan Gigantopithecus memakan kayu dan ranting dibandingkan makanan aslinya berupa buah-buahan.

Namun, dengan gigi dan rahang yang beradaptasi untuk menangani berbagai makanan besar, berserat, dan abrasif, hanya sedikit bagian tubuh Gigantopithecus yang lebih berat yang dapat menjadi fosil.

Dipercayai bahwa hewan pengerat membawa sisa-sisa ke dalam gua melalui celah-celah kecil di bebatuan, karena Gigantopithecus tidak tinggal di dalam gua.

(rni/dmi)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi