Menu

Mode Gelap

Teknologi · 17 Agu 2024

Pilot AI Sukses Kemudikan Jet Tempur F16 Milik AS


					Pilot AI Sukses Kemudikan Jet Tempur F16 Milik AS Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com.

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) menyatakan telah berhasil menerbangkan pesawat tempur F16 X-62A VISTA yang dikemudikan oleh pilot kecerdasan buatan (AI).

Penerbangan ini dilakukan oleh Menteri Angkatan Udara AS Frank Kendall. Dia lepas landas dengan X-62A VISTA dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards pada Kamis (5 Februari).

X-62A, juga dikenal sebagai VISTA (Variable Flight Model Aircraft), adalah versi modifikasi dari jet tempur General Dynamics F-16D. Pesawat tempur ini telah digunakan oleh Angkatan Udara AS sejak awal 1990-an untuk menguji teknologi canggih.

Pesawat tempur X-62A telah diintegrasikan ke dalam program Air Combat Evolution (ACE) dari Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA) AS. Jet tempur ini juga dilengkapi dengan pembelajaran mesin dan perangkat lunak khusus untuk mempelajari kemampuan penerbangan otonom.

Dalam uji terbang tersebut, Kendall yang duduk di kursi depan didampingi seorang safety pilot di kursi belakang. Ia berhasil melewati serangkaian titik tes tanpa menyentuh kendali X-62A.

Uji coba ini melibatkan serangkaian manuver taktis, salah satunya adalah skenario respons ancaman.

“Potensi pertempuran udara-ke-udara otonom telah dibayangkan selama beberapa dekade, namun kenyataannya masih menjadi mimpi yang jauh hingga saat ini,” kata Kendall dalam pernyataan yang dikutip Aerotime.

“Ini adalah momen transformatif, dan semua itu dimungkinkan berkat terobosan pencapaian tim ACE,” tambahnya.

Pada bulan April 2024, Sekolah Pilot Uji Angkatan Udara dan DARPA mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan uji terbang pertama pesawat tak berawak terhadap manusia. Dalam uji terbang ini, X-62A VISTA bertabrakan dengan F-16 berawak di Pangkalan Angkatan Udara Edwards.

(memo/dmi)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi