Menu

Mode Gelap

Teknologi · 18 Agu 2024

Gandeng BSSN, Otorita Waspada Serangan Siber Saat HUT RI di IKN


					Gandeng BSSN, Otorita Waspada Serangan Siber Saat HUT RI di IKN Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN) menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengamankan HUT RI ke-79 di IKN. Satu hal yang perlu diwaspadai adalah serangan siber.

Direktur Data dan Inovasi, Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Adhiguna Mahendra mengatakan, pihaknya sejak awal telah bekerja sama erat dengan BSSN dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN.

“Kami bergabung dengan BSSN untuk membantu kami menciptakan kerangka kerja yang aman, mulai dari pengembangan proses aplikasi hingga integrasi aplikasi di setiap perangkat,” kata Adhiguna, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/8).

Menurutnya, keamanan digital sangat penting karena konsep IKN adalah smart city, dan semuanya akan dibantu oleh perangkat Internet of Things (IoT).

Misalnya, sensor dan peralatan IoT dan CCTV akan membantu memantau dan mengendalikan semua aspek operasional kota.

“Dengan sistem digital seperti itu bagus. Karena mudah dipantau, mudah mengambil keputusan dan merespons keadaan darurat,” kata Adhiguna.

Namun ada aspek lain yang perlu mendapat perhatian lebih, yaitu serangan siber. Oleh karena itu, sejak awal, artikel ini membahas analisis mendalam tentang kemungkinan ancaman dunia maya dan pemulihannya.

“Untuk itu, tidak hanya dalam proses perayaan HUT ke-79 RI saja, tapi dari awal hingga pelaksanaannya hingga akhir, kami mengikutsertakan BSSN,” ujarnya.

Juru Bicara BSSN Ariandi Putra mengatakan, keterlibatan timnya untuk melindungi seluruh sistem kelistrikan. BSSN telah melaksanakan Satgas Pengamanan Siber BSSN mulai tanggal 27 Juli.

“Satgas Keamanan Siber dan Sandi BSSN telah kami gunakan mulai tanggal 27 Juli 2024, bekerja sama dengan OIKN untuk melindungi seluruh sistem elektronik di OIKN dalam rangka HUT RI ke-79. Indonesia,” kata Ariand. .

Dijelaskannya, karena IKN dirancang sebagai kota yang modern dan cerdas, maka keamanan siber menjadi perhatian utama BSSN. Mulai dari perencanaan hingga penyediaan sumber daya staf untuk menjamin keamanan sistem kelistrikan yang dikelola IKN.

“BSSN mendukung OIKN dalam perencanaan dan penyiapan sumber daya manusia untuk menjamin keamanan sistem kelistrikan yang digunakan di IKN,” jelas Ariandi. (grup/dmi)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi