Menu

Mode Gelap

Teknologi · 18 Agu 2024

Google Akan Hapus Permanen Riwayat Lokasi Pengguna


					Google Akan Hapus Permanen Riwayat Lokasi Pengguna Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Google secara permanen menghapus riwayat lokasi pengguna yang tersimpan di Google Maps.

Fitur timeline di Google Maps yang dulu dikenal dengan location history merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melihat lokasi yang pernah mereka kunjungi selama ini.

Perusahaan segera menghapus data yang tersimpan di sistemnya untuk meningkatkan privasi pengguna.

Namun, pengguna tetap dapat mengakses fitur riwayat lokasi pengguna. Sebaliknya, pengguna menyimpan data di ponsel atau tablet mereka, bukan di server Google.

“Fitur Timeline di Maps membantu Anda mengingat di mana Anda berada, dan didukung oleh pengaturan yang disebut Riwayat Lokasi. Jika Anda adalah salah satu dari sedikit pengguna yang memilih untuk mengaktifkan Riwayat Lokasi (dinonaktifkan secara default), timeline Anda disimpan langsung ke perangkat Anda. Memberi Anda kontrol lebih besar atas data Anda,” tulis Google di blognya.

“Seperti sebelumnya, Anda dapat menghapus seluruh atau sebagian data Anda atau menonaktifkan pengaturan ini sepenuhnya kapan saja,” tambahnya.

Mengutip The Guardian, perusahaan tersebut mengatakan melalui email kepada pengguna Maps bahwa Google harus menyimpan semua perjalanan lama pengguna hingga 1 Desember sebelum menghapusnya selamanya.

Pengguna dapat mencadangkan datanya jika khawatir kehilangan data atau ingin menyinkronkannya di beberapa perangkat, namun langkah ini tidak dilakukan secara default.

Perusahaan juga mengurangi waktu default untuk menyimpan riwayat lokasi. Aplikasi ini sekarang akan mulai menghapus riwayat lokasi setelah tiga bulan, naik dari standar satu setengah tahun yang lalu.

Dalam postingan blog yang mengumumkan perubahan tersebut, Google tidak menyebutkan alasan pasti pembaruan tersebut.

“Informasi lokasi Anda bersifat pribadi,” tulis Google.

“Kami berkomitmen untuk menjaga Anda tetap aman, pribadi, dan terkendali. Ingat: Google Maps tidak pernah menjual informasi Anda kepada siapa pun, termasuk pengiklan,” tambah mereka.

(istirahat/kembali)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi