Menu

Mode Gelap

Internasional · 23 Agu 2024

Negara-negara yang Tak Ada Laut Tapi Punya Angkatan Laut, Apa Saja?


					Negara-negara yang Tak Ada Laut Tapi Punya Angkatan Laut, Apa Saja? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Walaupun negara-negara di dunia mempunyai angkatan laut untuk melaksanakan pertahanan negaranya di perairan, namun ada pula negara yang tidak mempunyai laut namun tetap mempunyai angkatan laut.

Naval Gazing melaporkan setidaknya ada lima negara yang tidak terkurung daratan namun memiliki angkatan laut. Ini adalah Azerbaijan, Bolivia, Kazakhstan, Paraguay dan Turkmenistan.

Sebanyak lima negara memiliki ribuan angkatan laut. Salah satu alasan mereka memiliki angkatan laut meski tidak memiliki laut adalah sejarah pertempuran sungai di masa lalu.

Pertempuran sungai diketahui terjadi di danau dan sungai yang berbatasan dengan negara-negara tersebut. Namun, negara-negara lain yang tidak memiliki daratan dan memiliki sungai dan danau yang sama pentingnya umumnya memilih angkatan bersenjata dibandingkan angkatan laut.

Mengapa 5 negara ini memiliki pelabuhan?

Ada dua faktor yang menyebabkan Azerbaijan, Bolivia, Kazakhstan, Paraguay, dan Turkmenistan membentuk angkatan laut.

Pertama, sebagian besar negara-negara ini mempunyai komitmen terhadap sungai yang penting bagi kelangsungan hidup mereka.

Misalnya Azerbaijan, Kazakhstan, dan Turkmenistan berbatasan dengan Laut Kaspia. Laut Kaspia adalah danau besar dan asin yang tidak terhubung dengan lautan di dunia.

Ukuran Laut Kaspia cukup besar untuk menampung kapal-kapal besar. Sebagai referensi, Laut Kaspia juga merupakan perairan yang kaya energi dan merupakan rumah bagi ladang minyak baru yang menegaskan keberadaan gas alam di wilayah tersebut.

Faktor kedua adalah, dalam banyak kasus, negara-negara yang terkurung daratan ini mempunyai hubungan kelembagaan dengan angkatan laut.

Yang paling jelas adalah hubungannya dengan kekuatan Kaspia. Armada Kaspia dipimpin oleh Angkatan Laut Soviet, dan ketika Uni Soviet hancur, negara-negara baru menerima beberapa bagian dari Angkatan Laut tersebut.

Dalam kasus Paraguay, negara ini memiliki sistem sungai yang luas. Sungai Paraguay dan Parana dapat dilayari di pelabuhan negara ini.

Oleh karena itu, Angkatan Laut Paraguay dibentuk pada tahun 1811. Pasukan ini merupakan angkatan laut tertua di antara negara-negara yang terkurung daratan.

Angkatan Laut Paraguay telah berperang melawan sejumlah negara tetangganya, termasuk pertempuran sungai terbesar dengan armada Amerika Selatan.

Dari semua marina yang terkurung daratan, Paraguay Marina adalah yang paling tidak mengejutkan. Karena sejarah kelembagaan mereka dan kebutuhan untuk mengoperasikan ratusan ton kapal seperti angkatan laut tradisional.

Bersambung di halaman berikutnya…

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Bom-bom Israel ke Gaza Mengalahkan Kebrutalan Perang Dunia 2

20 September 2024 - 08:14

Tabrakan Kereta di Ceko Tewaskan 4 Orang

20 September 2024 - 07:15

81 Warga Nigeria Tewas dalam Serangan Teroris Boko Haram

20 September 2024 - 05:15

Trending di Internasional