Menu

Mode Gelap

Teknologi · 27 Agu 2024

HUT RI ke-79, Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru


					HUT RI ke-79, Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Telekomunikasi dan Akses Informasi (BAKTI) Kominfo menyediakan layanan Internet di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan jelang HUT ke-79 Republik Indonesia (RI).

Bapak Budi Ariy Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengatakan jaringan Internet BAKTI Kominfo bersama jaringan Internet Negara Republik Indonesia (Satria 1) resmi diluncurkan untuk melayani fasilitas umum dan pemerintahan di Desa Ilan Batu Uru, Walenrang Barat. . . Kabupaten mulai Senin, 12 Agustus 2024.

Koneksi akses internet diperuntukkan bagi sektor pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan pelayanan publik lainnya, kata Budi Ary di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Kamis (15/8).

Bapak Budi Arie menyampaikan bahwa proyek BAKTI AKSI penyediaan koneksi Internet (Satria 1), bertujuan untuk mewujudkan visi Indonesia Maju 2045, yaitu pemerataan akses Internet bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di daerah perbatasan, terpencil, dan tertinggal. (3T) dan wilayah perbatasan.

Ia mengatakan, “Saya berharap koneksi digital yang hebat ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga menjadi pendorong utama pertumbuhan PDB yang merupakan prasyarat bagi Indonesia. Semangat untuk menjadi negara maju.

Sebelumnya, Budi Arie mengabarkan, warga Desa Ilan Batu Uru tidak memiliki akses internet. Ia pun mengarahkan Dirjen BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar untuk memverifikasi informasi tersebut.

Fadhilah menjelaskan, Desa Ilan Batu Uru merupakan salah satu dari 263 desa yang akan dibangun di Sulsel pada tahun 2024. Saat ini perangkat internet 3 unit sudah terpasang di Desa Ilan Batu Uru.

Selain itu, Fadhilah mengapresiasi PT Mahaga Pratama sebagai penyedia terminal pengguna aktif membantu pemerintah mensukseskan digitalisasi layanan publik.

Tempat pemasangan blok akses internet tersebut di Posyandu Dusun Kole dan kantor desa serta dua sekolah di Dusun Paranta, yakni SMPN Satap Paranta dan SDN 489 Paranta, jelasnya.

Sementara BAKTI Kominfo menargetkan memiliki 20 ribu titik layanan internet Satria 1 di seluruh Indonesia pada tahun 2024.

Hingga 8 Agustus 2024, proyek BAKTI AKSI telah melayani total 18.712 situs dari Sumatera hingga Papua, dan 4.078 dari seluruh situs akses Internet dilayani oleh Satria 1 yang memiliki kecepatan 150 Gbps. (rea/rir)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi