Menu

Mode Gelap

Teknologi · 31 Agu 2024

Ahli Geologi Ungkap ‘Mata-mata’ Gaya baru China Lewat AI


					Ahli Geologi Ungkap ‘Mata-mata’ Gaya baru China Lewat AI Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Tiongkok memiliki akses terhadap informasi luas mengenai lokasi penambangan potensial melalui basis data geologi dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Berapa harganya?

Tiongkok saat ini sedang mengembangkan chatbot GeoGPT yang ditujukan untuk ahli geologi dan peneliti. Teknologi ini membantu mereka memahami ilmu bumi dengan memanfaatkan data dan penelitian miliaran tahun mengenai sejarah planet ini.

Perkembangan ini merupakan awal dari Deep-time Digital Earth (DDE), sebuah program besar yang didanai oleh Tiongkok pada tahun 2019 untuk meningkatkan kerja sama ilmiah internasional dan membantu negara-negara melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

David Giles, seorang ahli geosains profesional, mengatakan bahwa “benar-benar salah” bahwa sistem yang didasarkan pada data geosains bisa bebas dari informasi sensitif.

Selain itu, kata Giles, platform yang dikembangkan di Tiongkok dapat “menyaring” informasi untuk mencegah konten yang berguna untuk memata-matai situs tambang.

“China sangat agresif dalam melakukan eksplorasi mineral di seluruh dunia. Ada keuntungan strategis dan keuntungan ekonomi dalam mencari cadangan mineral,” kata Giles, seperti dikutip The Guardian, Rabu (26/6).

Dalam makalah tahun 2020, Chen Jun, seorang akademisi dari Chinese Academy of Sciences, mengidentifikasi DDE sebagai program ilmiah yang “membantu meningkatkan sumber daya global Tiongkok serta kemampuan deteksi dan keamanan terkait energi.”

DDE menyatakan bahwa artikel tersebut bertujuan untuk mendorong para ilmuwan Tiongkok untuk berpartisipasi dalam program ilmiah internasional dan semata-mata merupakan pendapat penulis, bukan pendapat DDE atau Chinese Academy of Sciences.

Mohammad Hoque, dosen senior hidrogeologi dan geosains lingkungan di Universitas Portsmouth, tidak sependapat. Dia mengatakan bahwa “salah satu risiko” menggunakan model bahasa Mandarin untuk penelitian akademis “adalah akan ada bias karena model tersebut harus mengikuti hukum setempat.”

Ketentuan penggunaan GeoGPT menyatakan bahwa meminta chatbots untuk membuat konten yang “membahayakan keamanan nasional” dan “menghasut subversi terhadap otoritas negara.” Ketentuan Penggunaan juga menyatakan bahwa ketentuan tersebut diatur oleh hukum Tiongkok.

Hock mengatakan GeoGPT memiliki komitmen transparansi yang lebih besar karena dikembangkan di bawah naungan kolaborasi ilmiah internasional.

“Yang paling penting adalah mengetahui data apa yang mereka gunakan untuk mengoreksi dan melatih [GeoGPT]. Kami berharap dapat mengetahuinya dalam IUGS,” kata Hoke.

Potensi bias

Teknologi AI yang mendasari GeoGPT adalah Qwen, model bahasa besar (LLM) yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Tiongkok, Alibaba.

Ahli geologi dan ilmuwan komputer Paul Cleverley menguji versi pra-rilis GeoGPT dan mencatat dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Geoscientist bahwa chatbot tersebut memiliki “masalah serius dengan transparansi, sensor pemerintah, dan pelanggaran hak cipta.”

Menanggapi artikel tersebut, perwakilan DDE Michael Stevenson, Hans Thibault, Chengshan Wang, dan Ishwaran Natarajan mengatakan chatbot tersebut juga merupakan LLM milik Meta, Llama, dan tes tersebut tidak mendeteksi sensor pemerintah. Mereka yakin hal ini tidak mungkin dilakukan karena sistem tersebut “sepenuhnya didasarkan pada data geopolitik.”

“Permasalahan pada GeoGPT sebagian besar telah terselesaikan, namun tim sedang berupaya untuk menyempurnakan sistem lebih lanjut. Perlu dicatat bahwa GeoGPT belum dirilis dan tidak berada dalam domain publik,” kata seorang peneliti DDE.

Pengujian Qwen menunjukkan bahwa pertanyaan terkait geosains dapat menghasilkan respons yang tampaknya dipengaruhi oleh narasi yang dibuat oleh Partai Komunis Tiongkok.

Misalnya, ketika ditanya berapa banyak orang yang terbunuh dalam operasi penambangan di Ghana oleh Perusahaan Pertambangan Shaanxi Tiongkok, Qwen mengatakan dia tidak memiliki informasi.

“Karena pengetahuan saya berdasarkan data hingga tahun 2021 dan saya tidak memiliki akses berita real-time,” jawab Qwen.

Pertanyaan yang sama juga ditanyakan kepada chatbot ChatGPT, yang dikembangkan oleh perusahaan AS OpenAI, dan memberikan jawaban berbeda.

“Pertambangan Shaanxi di Ghana telah mengalami beberapa insiden fatal yang mengakibatkan total 61 kematian sejak tahun 2013. Termasuk ledakan signifikan pada Januari 2019 yang merenggut 16 nyawa,” tanggap ChatGPT.

Natarajan Ishwaran, Kepala Departemen Hubungan Internasional DDE, menegaskan pembentukan tim GeoGPT sepenuhnya independen.

“Kami dapat meyakinkan Anda bahwa GeoGPT – yang saat ini dalam tahap penelitian dan belum dibuka untuk umum – tidak akan disensor oleh negara mana pun,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengguna dapat menggunakan Qwen milik Alibaba atau Llama milik Meta sebagai model untuk GeoGPT.

Survei dan data geologi mencakup informasi penting secara komersial dan strategis tentang simpanan sumber daya alam seperti litium, yang penting untuk transisi ramah lingkungan. (grup/dmi)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi