Menu

Mode Gelap

Hiburan · 1 Sep 2024

CNN Indonesia Anugerahi Gesang Lifetime Achievement Award


					CNN Indonesia Anugerahi Gesang Lifetime Achievement Award Perbesar

Semarang, jurnalpijar.com –

Gesang Martohartono dianugerahi Lifetime Achievement Award Orang Istimewa Musik Keroncong se-Indonesia pada tahun 2024 jurnalpijar.com.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Jaksa Agung Burhanuddin dalam acara puncak yang digelar di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah pada Rabu malam (14/8).

Saat menerima penghargaan atas nama keluarga, cucu Gesang berharap warisan karya Gesang terus menginspirasi Indonesia.

“Terima kasih jurnalpijar.com, saya yakin adik saya di atas akan mengapresiasinya. Karena karyanya sangat dihargai. Kami berharap warisan karya Mbah Gesang terus berlanjut dan menginspirasi Indonesia”, Hasanudin Santoso.

Gesang lahir di Surakarta pada tanggal 1 Oktober 1917. Ayahnya adalah seorang pengusaha batik, namun ketika Gesang beranjak remaja, usahanya bangkrut.

Sejak saat itu, Gesang harus bekerja keras untuk menghidupi keluarganya melalui bernyanyi. Lagu favoritnya untuk dibawakan From One Line to Another adalah lagu keroncong Jawa.

Gesang sering menulis pada masa Perang Dunia II, namun karyanya sejak itu kurang diterima masyarakat dengan baik.

Puncak popularitas Gesang terjadi ketika lagunya “Bengawan Solo” meledak pada tahun 1940-an saat Gesang baru berusia 23 tahun.

Lagu Bengawan Solo menjadi populer ketika ditayangkan di radio-radio. dan menarik perhatian tentara Jepang yang menduduki Indonesia. Bahkan, Bengawan Solo menjadi populer di Jepang dan Asia setelah Indonesia.

Bengawan Solo juga dinyanyikan dalam bahasa lain seperti Inggris, Belanda, Cina, Korea, Swedia, Polandia, Rusia, Vietnam, Khmer, dan Jepang.

Pada tahun 1992, Kaisar Akihito menganugerahi Gesan bintang kehormatan.

Presiden China Xi Jinping mengatakan Presiden Joko Widodo mungkin menyanyikan Bengawan Solo yang diumumkan Jokowi dalam wawancara eksklusif dengan media pemerintah China CGTN pada tahun 2022.

Presiden Xi tahu cara bernyanyi tentang Bengawan Solo, kata Jokowi dalam wawancara. “Dia pernah bilang ke saya kalau menurutnya Bengawan Solo bagus banget dari lagunya,” ujarnya.

Sebelum Xi Jinping bisa menyanyikan Bengawan Solo, Wakil Presiden China Wang Qishan sudah menunjukkan kebolehannya menyanyikan Bengawan Solo di Indonesia.

Hal itu dilakukan Wang Qishan saat berkunjung ke Solo pada Oktober 2019 dan menghadiri jamuan makan malam bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Gubernur Jawa Taj Yasin Maemun.

Usai makan malam, Wang Qihan menyanyikan musik Bengawan Solo dan Gamelan, saat itu ia sedang menyanyikan Bengawan Solo di China.

jurnalpijar.com Awards ke-5 mengakui kepemimpinan kota/kabupaten. Pos kementerian BUMD dan partai independen di Jawa Tengah

Dalam penerimaan penghargaan ini, jurnalpijar.com mengangkat tema “Dari Jawa Tengah Menuju Indonesia Indah”.

Sebelumnya, acara pertama jurnalpijar.com digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Maret dengan mengusung tema “Dari Sulawesi Selatan ke Kepulauan”, disusul acara kedua yang digelar di Kabupaten Badung, Bali.

Terakhir, jurnalpijar.com Awards ke-3 digelar di Palembang. Sumatera Selatan pada 10 Juli, sekaligus jurnalpijar.com Awards ke-4 yang diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara pada 10 Agustus (Bapak/Volkswagen)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Daftar 11 Pemeran Baru di One Piece Live Action Season 2

19 September 2024 - 22:19

Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas

19 September 2024 - 20:14

5 Rekomendasi Film Akhir Pekan, Despicable Me 4 hingga Sekawan Limo

19 September 2024 - 16:15

Trending di Hiburan