Menu

Mode Gelap

Teknologi · 11 Sep 2024

Tempat Terpanas di Bumi Kian Mendidih, Sempat Tembus 54 Derajat C


					Tempat Terpanas di Bumi Kian Mendidih, Sempat Tembus 54 Derajat C Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Ini adalah salah satu tempat terpanas di bumi dengan suhu rata-rata 40,3 derajat dalam 24 jam terakhir.

Tempat terpanas di dunia terletak di Taman Nasional Death Valley di California, AS. Bulan Juni dan Agustus merupakan suhu terpanas yang tercatat di wilayah ini.

Death Valley merupakan titik terendah di Amerika Utara, Badwater Basin berada 86 meter di bawah permukaan laut dan ditutupi oleh dataran garam.

Tempat ini menyebabkan panas berlebih. Udara hangat tidak dapat naik ke atas pegunungan terjal yang mengelilingi wilayah tersebut dan terperangkap di banyak lembah rendah.

Menurut pengumuman resmi National Park Service (NPS), suhu terpanas terus menerus pada tahun 2018 dan 2021 melampaui rekor sebelumnya yaitu 40,1 derajat Celcius.

Bulan Juli menciptakan suasana seperti oven karena stasiun cuaca di Furnace Creek, California mencatat rekor bulan terpanas.

Taman ini mengalami suhu panas selama sembilan hari berturut-turut. Beberapa kali tercatat suhu 51,7 derajat Celcius atau lebih tinggi.

Suhu tertinggi musim panas ini adalah 54 derajat Celsius pada 7 Juli.

Cuaca panas tidak hanya terjadi pada siang hari, namun juga pada malam hari. Rata-rata suhu minimum malam hari adalah 33,3 derajat Celcius. Artinya, tidak ada perubahan suhu yang signifikan saat matahari terbenam.

Pernyataan tersebut, dilansir CNN, menyebutkan, “Suhu turun di bawah 26 derajat Celcius, yang terjadi hanya lima kali dari tanggal 1 hingga 31 Agustus, dan ada sembilan hari di mana suhu minimum malam hari tidak pernah turun di bawah 37 derajat Celcius.” di bawah level tersebut.”

Pejabat Taman Nasional Death Valley juga diminta untuk menanggapi beberapa insiden terkait panas, termasuk dua kematian akibat cuaca ekstrem.

Dalam insiden lain, seorang pria diselamatkan dari gundukan pasir setelah kehilangan pasirnya dan membakar kaki telanjangnya.

Pihak pengelola taman mengatakan suhu akan berada di atas 37 derajat Celcius hingga awal Oktober 2024. CNN Weather memperkirakan suhu tertinggi 47 derajat Celcius di Death Valley pada Sabtu (7/9).

“Pengunjung disarankan untuk berada dalam jarak 10 menit dari kendaraan ber-AC, banyak minum air putih, makan makanan asin, serta memakai topi dan tabir surya,” lanjut pernyataan resmi NPS. (bisa/asar)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi