Menu

Mode Gelap

Teknologi · 15 Sep 2024

10 Hewan Cerdas di Dunia, Pecahkan Teka-teki Hingga Ingatan Kuat


					10 Hewan Cerdas di Dunia, Pecahkan Teka-teki Hingga Ingatan Kuat Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa beberapa spesies hewan, tidak hanya simpanse, ternyata memiliki kecerdasan mirip manusia. Ini daftarnya.

Hewan-hewan ini memiliki kecerdasan yang bervariasi, meski hasil pengukuran IQ kurang baik karena kendala teknis, mulai dari kemampuan memecahkan teka-teki hingga daya ingat yang kuat. Perbandingan kecerdasan hewan ini terutama dilakukan melalui eksperimen untuk menguji kecerdasan hewan. apa yang bisa dilihat, bukan kemampuan mereka untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, menurut BBC Science Focus, kami hadirkan daftar 10 hewan paling cerdas berdasarkan hasil penelitian ilmiah 1. Simpanse

Simpanse dan bonobo adalah primata yang sangat cerdas dengan hierarki sosial yang kompleks. Hal ini tidak terlalu mengejutkan mengingat 98,7 persen DNA mereka sama dengan manusia.

Royal Zoological Society of Antwerp menemukan bahwa bonobo lebih baik dalam memecahkan teka-teki dibandingkan simpanse, dan mengalahkan mereka dalam tes kecerdasan. Namun, hal ini tampaknya sebagian besar disebabkan oleh kegigihan seekor bonobo.

Ahli biologi perilaku Jeroen Stevens mencatat bahwa sebagian besar bonobo dan simpanse memahami teka-teki tetapi tidak memiliki motivasi yang sama untuk memecahkannya.

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba cepat belajar dan dapat meniru perilaku manusia, memecahkan masalah, mengajar orang lain, dan menunjukkan kesadaran diri. Dengan otak yang lebih besar dari manusia, mereka dapat menemukan lokasi objek melalui ekolokasi menggunakan suara.

Mereka mempunyai sistem komunikasi yang canggih dan beberapa spesies lumba-lumba bahkan dapat menggunakan siulan seperti mengecilkan nama untuk saling mengenali.3. Gurita

Gurita adalah Houdini berlengan delapan dari dunia hewan, dengan kemampuan luar biasa untuk melarikan diri dari penangkaran. Mereka mampu mencari jalan keluar dari tank sehingga tidak hanya disebut pintar, tetapi juga memiliki kemampuan peringatan yang tinggi. Seekor anjing

Hewan berikutnya adalah anjing, yaitu hewan peliharaan yang dapat memberi tahu pemiliknya apa yang diinginkannya dan dapat memanipulasi pemiliknya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa anjing memiliki neuron kortikal dua kali lebih banyak dibandingkan kucing, sehingga anjing memiliki keunggulan kognitif karena lebih mudah dilatih.

5. Orangutan

Orangutan mempunyai otak yang luar biasa. Di antara banyak bakat mereka adalah kemampuan seperti manusia untuk menyampaikan informasi tentang sesuatu yang terjadi di masa lalu atau akan terjadi di masa depan.

Pada tahun 2018, peneliti melaporkan bahwa setelah melihat predator, bayi orangutan sumatera menunda panggilannya hingga 20 menit agar predator tersebut tidak menyadari kehadirannya. Dengan rasa khawatir yang sama, mereka juga bisa mengajari si kecil bahwa bertemu dengan hewan seperti itu berbahaya. Burung gagak

Gagak adalah bukti nyata bahwa yang penting bukanlah ukuran otaknya, namun bagaimana Anda menggunakannya. Mereka belajar dengan sangat cepat sehingga penelitian menunjukkan bahwa burung gagak berumur empat bulan bisa sama cerdasnya dengan monyet dewasa.

Burung gagak juga mempunyai daya ingat yang sangat baik, mampu mengingat wajah orang bahkan mengenali sebagian orang sebagai teman dan sebagian lagi sebagai musuh.

7. Burung beo abu-abu Afrika

Banyak burung yang bisa meniru ucapan manusia, namun burung beo abu-abu Afrika dikatakan sebagai pembicara yang paling sukses. Mereka dapat memahami kata-kata dan dapat melakukan beberapa tugas kognitif di luar kemampuan anak usia lima tahun sekalipun.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2019, seekor burung beo bernama Griffin juga berhasil menyelesaikan serangkaian eksperimen di mana ia harus menyimpulkan di mana kacang disembunyikan di dalam mangkuk berdasarkan penampakan mangkuk tersebut kosong. Lebah

Lebah disebut-sebut sebagai serangga terpintar di dunia karena kemampuannya dalam memecahkan teka-teki dan memiliki kemampuan navigasi yang luar biasa. Mereka mampu menentukan rute optimal hanya dalam beberapa kunjungan. Selain itu, lebah juga mampu menciptakan gambaran mental objek mirip manusia dan menyampaikan pengenalan objek melalui indranya.9. Gorila

Gorila, bersama simpanse, bonobo, dan orangutan, dapat dilatih berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Koko si gorila terkenal dikatakan telah menguasai lebih dari 1.000 isyarat tangan dan memahami 2.000 kata bahasa Inggris lisan.

10. Laki-laki

Beberapa pendapat mengatakan bahwa manusia adalah hewan yang sangat cerdas yang memiliki kecerdasan jauh lebih unggul dibandingkan spesies lainnya.

Manusia sering diasumsikan berasal dari keluarga yang sama atau keturunan kera, berdasarkan kesamaan genetik dan pembacaan sepintas teori evolusi Charles Darwin.

Manusia dan hewan seperti kera besar termasuk dalam spesies primata yang merupakan salah satu ordo kelas mamalia. Menurut situs American Museum of Natural History, keduanya memiliki kemiripan.

Sebagai primata, DNA manusia rata-rata 96 persen identik dengan spesies primata yang merupakan kerabat terjauh mereka. Sementara tingkat kemiripan DNA dengan kerabat terdekat seperti simpanse dan bonobo mencapai 99 persen.

(rni/dmi)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi