Menu

Mode Gelap

Hiburan · 19 Sep 2024

Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas


					Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat kembali menjadi tuan rumah sidang Gerakan Nasional Literasi Penonton (GLSP). Kali ini, CRPD Pusat akan melihat peran media dalam menciptakan ruang yang adil dan inklusif bagi perempuan dan penyandang disabilitas.

Dialog tersebut akan berlangsung pada 12 Agustus 2024 di akun YouTube Media Center Pusat KPI pukul 09.00 WIB secara live dengan menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten.

Beberapa sumber menyebutkan Titin Rosmasari, Pemimpin Redaksi jurnalpijar.com, kemudian Mohamed Aulia Assahiddin sebagai Ketua KPID Jawa Tengah, dan Alia sebagai Komisioner KPI Pusat.

Acara tersebut juga akan menghadirkan Wakil Ketua MPR RI Lestari Murdijat sebagai keynote speaker dan akan dijawab oleh beberapa pihak antara lain Mimah Susanti dan Min Sun selaku Komisioner CPI Pusat.

Gerakan Literasi Sejuta Penonton (GLSP) merupakan upaya Komisi Penyiaran Pusat (KPI) untuk memperkuat hak masyarakat dalam memantau dan meningkatkan kualitas siaran televisi dan radio.

Program yang diluncurkan pada Februari 2020 ini mengajak masyarakat dan pemirsa untuk merespons secara kritis pesan-pesan media di televisi dan radio.

[Gambas: Instagram]

Ketua CPI Pusat Ubadililla juga menjelaskan tema gerakan Izin Sejuta Literasi saat ini, perempuan, penyandang disabilitas dan media.

“Kalau isu perempuan, KPI berkoordinasi dengan Komnas Perempuan. Setiap Desember kami menyiarkan kampanye anti kekerasan terhadap perempuan di televisi dan radio,” kata Ubaidillah di Semarang, Senin (8/12).

“Dengan cara yang sama, kami mendukung acara yang menggunakan perempuan sebagai objek.”

“Kami juga yakin dengan adanya peraturan ini, partisipasi perempuan dan teman-teman penyandang disabilitas di lembaga penyiaran akan diperkuat,” tegasnya. 

Gerakan GLSP diprakarsai KPI berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 yang mewajibkan KPI dan masyarakat melakukan kegiatan literasi media.

Mulai tahun 2020, literasi media akan diimplementasikan dalam berbagai format acara, seperti seminar, talkshow di televisi dan radio, serta sosialisasi literasi media di berbagai acara publik.

Sebelumnya, literasi menjadi kegiatan rutin CPI, di berbagai daerah, dalam seminar, universitas, organisasi pemuda, dan organisasi publik lainnya dengan partisipasi berbagai lapisan masyarakat.

(perintah/akhir)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Daftar 11 Pemeran Baru di One Piece Live Action Season 2

19 September 2024 - 22:19

5 Rekomendasi Film Akhir Pekan, Despicable Me 4 hingga Sekawan Limo

19 September 2024 - 16:15

Anji Unggah Foto Bareng Wina Usai Cerai: Terus Jadi Keluarga

19 September 2024 - 08:15

Trending di Hiburan