Menu

Mode Gelap

Internasional · 2 Jun 2024

China soal Latihan Perang di Taiwan: Uji Kemampuan Rebut Kekuasaan


					China soal Latihan Perang di Taiwan: Uji Kemampuan Rebut Kekuasaan Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Pasukan militer Tiongkok melanjutkan latihan darat, laut, dan udara di sekitar wilayah Taiwan yang dimulai pada Kamis (23/5). Ini adalah hari kedua militer Tiongkok melakukan latihan perang di sekitar Taiwan.

Tiongkok mengatakan tujuan latihan perang tersebut adalah untuk menguji kemampuan militernya dalam “merebut kekuasaan” dan mengendalikan wilayah-wilayah penting di negara-negara demokrasi otonom.

Saat latihan perang, dengan nama sandi Joint Sword-2024A, dimulai pada Kamis (23/5), Tiongkok menggambarkan tindakannya sebagai “hukuman” menyusul pidato pelantikan Presiden baru Taiwan William Lai Ching-te, yang menyatakan bahwa Taiwan adalah negara “yang berdaulat”. dan negara yang merdeka dan negara yang kedaulatannya berada di tangan rakyat.”

Lai juga menekankan bahwa Taiwan tidak akan memberikan kelonggaran terhadap kebebasannya dan meminta Beijing menghentikan agresinya terhadap Taiwan.

Manuver perang di Taiwan adalah bagian dari kampanye intimidasi politik dan militer yang semakin meningkat oleh Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuan penyatuannya.

“Latihan dua hari ini menguji kemampuan perebutan kekuasaan bersama, serangan bersama, dan penguasaan wilayah-wilayah penting,” kata Kolonel Li Xi, juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), pada hari Jumat, seperti dilansir Al Jazeera. (24/5).

Taiwan telah mengerahkan militernya untuk memantau dan melacak aktivitas militer Tiongkok selama latihan tersebut.

Pada Jumat (24/5), Kementerian Pertahanan Taiwan merilis gambar pesawat F-16 yang dipersenjatai dengan rudal aktif, berpatroli di langit wilayah tersebut.

Video tersebut juga memperlihatkan gambar kapal penjaga pantai Tiongkok dan kapal angkatan laut lainnya yang ikut serta dalam latihan di dekat Pulau Pengjia, utara Taiwan.

Sementara itu, rekaman yang dirilis oleh militer Tiongkok menunjukkan tentara keluar dari gedung menuju stasiun pertempuran dan pesawat lepas landas untuk berperang.

Stasiun televisi Tiongkok CCTV melaporkan bahwa para pelaut Tiongkok telah mengeluarkan seruan kepada rekan-rekan Taiwan mereka di laut, memperingatkan mereka untuk tidak “menentang reunifikasi dengan kekerasan.”

Negeri Tirai Bambu itu menganggap Lai sebagai “pembuat onar” dan “separatis”, seperti pendahulunya Tsai Ing-wen, yang mengatakan hanya rakyat Taiwan yang bisa menentukan masa depan mereka sendiri.

Pada konferensi pers rutin pada Kamis, 23 Mei, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin menggunakan bahasa yang blak-blakan terhadap Taiwan.

“Kekuatan pro-kemerdekaan Taiwan akan hancur lebur dan darah akan mengalir setelah bentrok dengan tren besar Tiongkok dalam mencapai unifikasi total,” kata Wang kepada wartawan. (dengan/dengan)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Bom-bom Israel ke Gaza Mengalahkan Kebrutalan Perang Dunia 2

20 September 2024 - 08:14

Tabrakan Kereta di Ceko Tewaskan 4 Orang

20 September 2024 - 07:15

81 Warga Nigeria Tewas dalam Serangan Teroris Boko Haram

20 September 2024 - 05:15

Trending di Internasional