Menu

Mode Gelap

Otomotif · 11 Jun 2024

Toyota Klaim Yaris Cross di RI Aman Skandal Uji Keselamatan Jepang


					Toyota Klaim Yaris Cross di RI Aman Skandal Uji Keselamatan Jepang Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim Yaris Cross yang diproduksi dan dijual di Indonesia tidak terpengaruh skandal pengujian keselamatan yang diumumkan pemerintah Jepang. Yaris Cross merupakan salah satu dari tiga model Toyota yang terlibat skandal dan masih diproduksi hingga saat ini.

TAM mengatakan Yaris Cross versi domestik berbeda dengan Yaris Cross Jepang. Model Yaris Cross untuk Indonesia diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabriknya di Karawang, Jawa Barat.

Jadi tidak ada kaitannya dan lahirlah Yaris Cross, namanya berkaitan tapi produknya tidak berkaitan, kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto kepada wartawan, Kamis (6/6).

Henry mengatakan, perbedaan Yaris Cross di Indonesia terletak pada platform, desain, dan mesin. Ia mengatakan, pengguna dan calon pembeli Yaris Cross tidak perlu khawatir karena mobil ini tidak ada kaitannya dengan masalah Negeri Sakura.

Awal pekan ini, Kementerian Transportasi Jepang mengumumkan hasil penyelidikan mereka terhadap 85 perusahaan otomotif di Jepang, termasuk produsen mobil, sepeda motor, dan suku cadang. Investigasi ini merupakan kelanjutan dari investigasi skandal Daihatsu.

Daihatsu mengaku pada Desember 2023 telah memanipulasi data sertifikasi sejak tahun 1989 dan menutup seluruh operasional pabrik di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Toyota Motor Co., Honda Motor Co., Mazda Motor Corp., Suzuki Motor Corp. adalah lima pabrikan baru yang diumumkan kementerian karena bermasalah dengan regulasi pengujian kendaraan di Jepang. dan Yamaha Motor Co.

Pelanggaran berkisar dari pemalsuan data, perubahan perangkat lunak kontrol mesin, pengujian non-standar hingga modifikasi ilegal.

Kementerian mengatakan pengungkapan pelanggaran tersebut melibatkan 38 model kendaraan, 32 di antaranya tidak diproduksi. Sementara enam model masih diproduksi.

Pasca pengumuman kementerian tersebut, Toyota merilis data tujuh model yang terlibat skandal tersebut, yaitu:

1. Corolla Axio Februari 2015 – Sekarang2. Corolla Fielder Februari 2015 – Sekarang3. Yaris Cross Juli 2020 – Sekarang 4. Mahkota Juni 2014 – Desember 2020 dan Mahkota (Kerajaan/Atlet) Agustus 2015 – Desember 20205. Sienta Mei 2015 – Juli 20226. Isis September 2015 – Januari 20187. Lexus RX September 2015 – September 2022

Toyota menyebut Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross melanggar peraturan terkait pelaporan ilegal untuk uji keselamatan pejalan kaki dan penumpang.

Kesalahan uji tabrak dan metode pengujian lainnya untuk empat model tertutup, Crown, Isis, Sienta dan Lexus RX.

Dalam keterangan resminya, Toyota mengumumkan akan menghentikan sementara distribusi Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross. Sementara itu, TAM memastikan Yaris Cross di Indonesia aman dari permasalahan tersebut dan aman untuk dikendarai. (bisa/fea)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif