Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 12 Jun 2024

Adik Prabowo Idamkan Proyek PLTA Kayan Usai Ditinggal Sumitomo


					Adik Prabowo Idamkan Proyek PLTA Kayan Usai Ditinggal Sumitomo Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Hashim Jojohadikosumo mengunjungi Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade pada akhir Mei 2024.

Adik laki-laki Prabowo Subianto datang ke Kalimantan Utara setelah PT Kayan Hydro Energy (KHE) berhenti bekerja sama dengan perusahaan Jepang Sumitomo Corporation. Kerja sama dengan Sumitomo Corporation dimulai pada tahun 2022, namun gagal karena perbedaan pendapat dan pandangan mengenai masalah bisnis.

CEO Arsari Group Hashim Jojohadikosumo disebut tertarik berinvestasi pada proyek di Kalimantan Utara. Ia mengaku sudah lama tertarik berinvestasi di bidang energi hijau.

Nikkei Asia mengutip ucapan Hashem pada Senin (3/6): “Saya sudah lama tertarik berinvestasi pada energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Ia menambahkan: “Proyek energi hijau bersih ini adalah impian dunia. Saya berharap semua pihak mendukung proyek yang sangat strategis ini. Kita bisa segera masuk (proyek pembangkit listrik tenaga air Kayan).”

Pembangkit listrik tenaga air Kayan berkapasitas 9.000 megawatt (MW) terletak di Kecamatan Puso, Kabupaten Burungan, Kalimantan Utara. Proyek ini terdiri dari lima bendungan dan akan dibangun secara bertahap, dengan bendungan pertama akan selesai pada tahun 2027.

Bagi Hashem, listrik PLTA Kayan tidak hanya digunakan untuk menyuplai kawasan industri di Kalimantan Utara. Ia mengatakan listrik yang dihasilkan juga bisa disalurkan ke Ibu Kota Negara Kalimantan Timur (IKN).

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Ariffin Paliwang berharap proyek tersebut menjadi simbol energi hijau di Indonesia. Di luar itu, Zanar mengklaim potensi penciptaan lapangan kerja sangat besar.

Dia memperkirakan sekitar 10.000 lapangan kerja akan tercipta selama tahap konstruksi. Setelah itu, akan tercipta 3.000 lapangan kerja baru selama beroperasinya PLTA Kayan Falls yang disebut-sebut akan berdampak positif bagi perekonomian daerah.

Saya berharap seluruh pemangku kepentingan bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat agar pembangunan ini dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya, kata Zanel mengutip Antara.

(Minggu/Agustus)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kode Pamitan Sri Mulyani: I’m Gone

20 September 2024 - 14:14

Rupiah Tertekan ke Rp16.228 Pagi Ini Imbas Kondisi Politik AS

20 September 2024 - 04:15

Melihat Besaran Gaji PNS Kementerian Keuangan

19 September 2024 - 19:14

Trending di Ekonomi