Menu

Mode Gelap

Teknologi · 13 Jun 2024

Momen Jokowi Pamerkan Konservasi Bakau ke Delegasi World Water Forum


					Momen Jokowi Pamerkan Konservasi Bakau ke Delegasi World Water Forum Perbesar

Denpasar, Indonesia –

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan para pemimpin dunia peserta World Water Forum (WWF) ke-10 mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali pada Senin (20/5) sore.

Dari pantauan situs CNIndonesia.com, Jokowi dan rombongan tiba di Tahura Ngurah Rai sekitar pukul 15.50 WIB. Pertama, Jokowi hadir menerima para ketua delegasi di kawasan konservasi shelter mangrove.

Setelah seluruh delegasi hadir, para pemimpin negara meninjau kawasan penanaman mangrove yang terletak di muara sungai, yang didukung oleh teknologi pembangkit listrik tenaga surya.

Fasilitas tersebut dilengkapi dengan area panel surya yang berfungsi sebagai basis pembangkit listrik di berbagai kawasan konservasi mangrove atau mangrove.

Tahura Ngurah Rai merupakan kawasan rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove. Kawasan ini mengarah pada prinsip ajaran Bali, Tri Hita Karana, yang menekankan hubungan setara antara Tuhan, manusia, dan alam.

Berbeda dengan KTT G20 tahun 2022, kali ini Jokowi dan para pemimpin negara peserta WWF-10 tidak langsung menanam mangrove. Diamati bahwa satu-satunya cara menanam pohon untuk anak-anak adalah sebagai simbol upaya pelestarian lingkungan generasi mendatang.

Aksi penyerahan bibit dan penanaman pohon di Tahura ini merupakan wujud tekad kita bersama untuk bekerja sama dan melakukan aksi nyata guna memajukan pembangunan global, kata Jokowi saat menyerahkan bibit tersebut.

Tak hanya berkunjung, Jokowi dan 10 pemimpin negara World Water Forum juga melihat dan menerima perkembangan Proyek Panel Surya.

Panel Surya Sirata di Jawa Barat merupakan pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Asia Tenggara hasil kerja sama Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Salah satu pimpinan delegasi World Water Forum mendatangi Taura yang tampak menunjukkan ketertarikannya terhadap mangrove. Dia adalah Utusan Khusus Perancis untuk Barbara Pompili.

Di penghujung kunjungan Pompili terlihat foto close-up tanaman bakau yang masih sangat muda. Melihat hal tersebut, Jokowi kemudian memberikan sebuah foto kepada Kedutaan Besar Prancis.

(cakar / anak)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi