Menu

Mode Gelap

Otomotif · 21 Jun 2024

Mobil Rental Dicuri Tak Perlu Dijemput Sendiri Bila Pakai Asuransi


					Mobil Rental Dicuri Tak Perlu Dijemput Sendiri Bila Pakai Asuransi Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Pengusaha rental mobil memang tidak perlu ambil pusing dengan risiko yang besar, termasuk keselamatan, ketika dihadapkan pada permasalahan kehilangan unit sewa jika mengandalkan asuransi. Ketika mobil sewaan Anda dicuri, Anda hanya perlu melaporkannya ke polisi dan Anda bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

Situasi ini menimpa pemilik mobil rental asal Jakarta berinisial BH yang dibunuh warga di Pati, Jawa Tengah. Peristiwa terjadi saat korban ingin mengambil mobil sewaannya, namun tidak dikembalikan kepadanya.

Sewa mobil harus diperhitungkan. Pasalnya, risiko kehilangan atau kerusakan mengancam bisnis ini karena tidak ada jaminan bahwa penyewa akan berperilaku baik saat menerima penyerahan mobil Anda.

Pemilik kapal yang ingin mengurangi risiko dapat memanfaatkan perlindungan asuransi terhadap berbagai kecelakaan, banjir, dan kerugian akibat kerusakan atau penyelewengan, seperti yang terjadi akhir-akhir ini.

Pencurian dan penyelewengan mobil sewaan bukanlah hal baru dalam industri persewaan mobil. Para pebisnis sebenarnya mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengantisipasi hal tersebut, seperti selalu meminta KTP kepada penyewa dan memasang GPS, namun jenis kejahatan ini selalu terjadi sebagai asuransi komersial.

Ada dua jenis asuransi mobil, yaitu mobil pribadi dan mobil komersial. Keduanya memiliki klausul yang berbeda sehingga penting untuk mempertimbangkan dan memahami perbedaannya sebelum membeli produk asuransi.

Untuk melindungi mobil sewaan Anda, Anda harus memilih asuransi mobil komersial untuk mengklaim bisnis persewaan meskipun mobil tersebut disewa oleh pihak ketiga.

Asuransi kendaraan komersial mencakup kendaraan yang digunakan untuk keperluan bisnis, termasuk sewa. Asuransi mobil ini memberikan santunan jika mobil rusak atau hilang akibat kecelakaan yang ditanggung oleh polis asuransi.

Namun, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan produk ini. Beberapa perusahaan hanya menyediakan polis asuransi mobil tanpa opsi tambahan untuk mobil sewaan atau produk khusus lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengecek secara jelas kepada agen atau perantara asuransi apakah produk yang ditawarkan mencakup penggunaan kendaraan untuk kegiatan komersial atau tidak.

Disarankan untuk menjelaskan sejak awal bahwa Anda menginginkan asuransi pada mobil sewaan agar Anda tidak mengalami kendala saat melakukan klaim.

Oleh karena itu, perusahaan asuransi dapat memberikan asuransi yang memadai untuk melindungi Anda dari pencurian dan penggelapan.

(Ken/Fia)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif