Menu

Mode Gelap

Otomotif · 22 Jun 2024

Cara Lepas Stiker di Bodi Mobil


					Cara Lepas Stiker di Bodi Mobil Perbesar

jurnalpijar.com —

Pemilik mobil bisa menggunakan banyak cara untuk mengubah tampilan mobilnya, salah satunya dengan memasang stiker. Dibandingkan dengan metode lain seperti airbrushing atau pengecatan ulang, stiker lebih mudah diaplikasikan dan hasilnya tidak terlalu mengecewakan.

Jika dilakukan dengan benar, menempelkan stiker pada mobil Anda tidak akan merusak cat. Namun perlu diingat bahwa pemilik mobil harus menggunakan stiker yang berkualitas, memasangnya secara profesional, dan merawatnya dengan baik. 

Mengaplikasikan atau menempelkan stiker di sekujur bodi akan memberikan efek positif pada mobil. Pemasangan stiker yang tepat akan melindungi cat asli mobil Anda dari sinar matahari, debu, dan partikel asing yang dapat merusak cat asli dan memudarkan warna mobil.

Apakah stiker bisa merusak cat mobil?

Menurut Visigraph, mengaplikasikan stiker dapat memberikan perlindungan tambahan pada cat mobil. Hal ini terlihat pada bagian mobil yang tidak diberi stiker, di mana cat mobil tampak lebih kusam dibandingkan pada bagian yang dilapisi stiker.

Umumnya kerusakan cat kendaraan akibat stiker disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat. Penggunaan bahan kimia saat mengaplikasikan stiker dapat merusak lapisan cat mobil. Selain pemasangan, pelepasan stiker juga dapat merusak cat mobil jika tidak mengikuti prosedur yang benar.

Jika stiker dipasang terlalu lama, kemungkinan besar stiker tersebut akan merusak cat kendaraan Anda. Perekat pada stiker mengeras dan melekat kuat pada lapisan cat kendaraan. Jika kualitas cat mobil buruk, cat akan menempel pada stiker saat dilepas.

Jika Anda menggunakan bahan kimia atau benda tajam untuk menghilangkan stiker yang dapat menggores cat mobil Anda, situasinya akan menjadi lebih buruk. Oleh karena itu, selain pemasangan, pemilik kendaraan juga sebaiknya memilih ahli di bidangnya yang bisa melepas stiker tersebut.

Lamanya pemasangan stiker ini tergantung pada jenis dan kualitas stiker yang dipasang pada kendaraan Anda. Biasanya stiker bisa digunakan selama satu hingga tiga tahun. Semakin cepat stiker mobil Anda diganti, semakin kecil kemungkinan kerusakan cat jika Anda melakukannya dengan benar.

Cara menghilangkan stiker pada mobil

Sebenarnya, Anda bisa menghilangkan stiker pada cat mobil sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan sederhana. Untuk menjamin penghilangan stiker secara sempurna, pemilik kendaraan dapat menggunakan produk khusus penghilang stiker. Berikut cara melepas stiker yang benar.

1. Kupas stikernya

Langkah pertama saat melepas stiker adalah membersihkan stiker itu sendiri dan area di sekitarnya. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan debu dan partikel lain yang dapat merusak cat saat stiker dilepas.

2. Panaskan stiker

Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk ini. Panaskan stiker dengan baik. Tujuannya untuk menghilangkan perekat pada cat mobil.

3. Lepaskan stikernya

Setelah stiker hangat, lepaskan perlahan mulai dari ujungnya. Jika masih sulit dilepas, panaskan kembali stiker tersebut. Jangan gunakan benda tajam untuk menghilangkan stiker karena dapat merusak cat mobil.

4. Bersihkan sisa lem.

Terkadang sisa lem menempel pada cat mobil. Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan lem yang menempel. Gosok secara hati-hati agar tidak menggores cat mobil.

Tidak ada salahnya mengaplikasikan stiker pada mobil Anda, Anda perlu fokus pada kualitas, proses pemasangan dan pelepasan stiker sebaiknya dilakukan dengan mengikuti prosedur yang benar. Harap pastikan juga bahwa pemasangan stiker ini tidak melanggar hukum yang berlaku.  (perjanjian)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Ragam Kendaraan Elektrifikasi Toyota Diterjunkan di Paralimpiade 2024

22 September 2024 - 05:20

Datang ke GIIAS 2024 Jangan Lupa Test Drive, Berikut Lokasinya

21 September 2024 - 17:14

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia

20 September 2024 - 16:14

Trending di Otomotif