Menu

Mode Gelap

Nasional · 9 Jul 2024

Ratusan Massa Gelar Aksi Bela Palestina di Kedubes AS


					Ratusan Massa Gelar Aksi Bela Palestina di Kedubes AS Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com

Ratusan masyarakat dari Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek) melakukan aksi bela Palestina di depan Kedutaan Besar AS, Minggu (19/5).

Berdasarkan pantauan situs CNNIndonesia.com, sejumlah kelompok berpakaian putih-hitam menyusuri jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat mulai pukul 08.00 WIB.

Dalam pidatonya, banyak orang menyerukan diakhirinya perang dan berbicara tentang kebebasan dan kemerdekaan bagi Palestina dan Zionis.

“Tunjukkan aksi kami kepada saudara-saudara kami di Palestina, angkat suara kami untuk rakyat Palestina. Kami bangsa Indonesia berjuang untuk setia kepada rakyat Palestina.”

Banyak petugas polisi dan personel Satpol PP terlihat berdiri di depan Kedutaan Besar AS. Banyak mobil yang ramai juga terparkir di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan.

Acara puncak rencananya akan berjalan bersama menuju Kedutaan Besar Mesir di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat setelah berbicara di depan Duta Besar AS.

Rani (43) Pekerja di Bogor Jawa Barat berkumpul di depan Kedutaan Besar AS pada pukul 07.00 untuk membela Palestina.

Kepada CNNIndonesia.com, Minggu (19/5) ia mengatakan, “Sejak pukul 07.00 WIB sudah di sini. Ada rombongan dari Bogor dan kawan-kawan yang selalu aktif di sana.”

Israel telah menyerang Jalur Gaza sejak Hamas melancarkan serangan perbatasan pada 7 Oktober tahun lalu yang menurut Tel Aviv menewaskan sekitar 1.200 orang.

PBB mengatakan perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduknya tanpa makanan, air atau obat-obatan.

Selain itu, menurut PBB, lebih dari 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut rusak atau hancur.

Israel telah didakwa melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Perintah sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan pembunuhan dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa warga sipil di Jalur Gaza menerima bantuan.

Setidaknya 350 petugas kesehatan telah tewas dan 520 lainnya terluka di Jalur Gaza sejak Israel mulai menyerang wilayah tersebut pada 7 Oktober 2023, menurut Survei Geologi AS. (Mei/seratus)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Satgas Beber Data Judi Online: Jabar Terbanyak, 7 Selebgram Ditangkap

20 September 2024 - 06:16

Disdik Depok: Wensen School Tak Punya Izin Daycare, Hanya KB

19 September 2024 - 07:15

KPU Klaim Tak Sewa Pesawat Jet untuk Distribusi Logistik Pilkada 2024

17 September 2024 - 15:14

Trending di Nasional