Menu

Mode Gelap

Otomotif · 10 Jul 2024

Bukan Turbo Betulan, Apa Alasan Yamaha Pakai Nama Turbo untuk Nmax?


					Bukan Turbo Betulan, Apa Alasan Yamaha Pakai Nama Turbo untuk Nmax? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Yamaha Indonesia telah menyematkan nama “Turbo” pada Nmax generasi baru yang baru saja diluncurkan. Istilah ini tidak mengacu pada bagian motor induksi seperti turbo biasa, lalu mengapa Yamaha menggunakan kata Turbo untuk Nmax terbaru?

Wakil Direktur Pemasaran Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro menjelaskan, kata turbo merupakan istilah yang mudah dipahami konsumen.

“Sebenarnya untuk mengkomunikasikan teknologi terkini dari Yamaha yang menggunakan Yamaha Electric CVT (YECVT), kami mencoba mencari kata atau frasa yang mudah dipahami,” ujarnya di diler Yamaha Cibinong, Jawa Barat, Jumat (21/). 21/2019). 21). 6).

Dari sinilah nama turbo dipilih. Anton juga mengatakan, teknologi YECVT terasa seperti ditarik oleh turbo pada umumnya.

“Itulah sebabnya kami berkomunikasi menggunakan kata turbo yang memudahkan pelanggan memahami pengenalan teknologi YECVT ini,”

Teknologi “turbo” pada Nmax hanya terdapat pada Nmax Turbo dan Nmax Turbo Tech Max.

Sedangkan varian lainnya, Neo paling murah, masih menggunakan CVT tradisional.

Nmax dengan tambahan sistem turbo tidak seperti turbo pada umumnya dalam memampatkan udara. Bentuk turbonya tidak seperti keju yang menempel di mesin.

Turbo pada Nmax Turbo 2024 menggunakan motor pengganti pengoperasian sepeda yang disebut dengan Transmision Control Unit (TCU) atau dinamo.

Singkatnya, Nmax Turbo tidak lagi menggunakan sepeda untuk menggerakkan sabuk dari puli depan ke atas atau ke bawah. Mesin ini digantikan oleh mesin yang disebut TCU.

TCU menerima informasi atau perintah dari pengemudi melalui tombol Y Shift di sisi kiri. Tombol ini memiliki tiga level tergantung pada kecepatan dan pengurangan kecepatan yang diperlukan untuk mode S.

Jika pengemudi menyetelnya ke posisi pertama, maka sistem akan mendapat perintah agar TCU dapat bergerak untuk mengatur ketinggian sabuk pada puli. (bisa/di mana)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia

20 September 2024 - 16:14

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Trending di Otomotif