Menu

Mode Gelap

Otomotif · 14 Agu 2024

Turbo di Nmax 2024 Bikin Top Speed Naik?


					Turbo di Nmax 2024 Bikin Top Speed Naik? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Fitur Yamaha Electronic Continuously Variable Transmision (YECVT) milik Yamaha Nmax 2024 Turbo yang dikendalikan melalui tombol Y-Shift di lingkar kemudi diklaim mampu meningkatkan akselerasi. Namun apakah teknologi ini memainkan perbandingan CVT dengan listrik untuk mengakselerasi Nmax?

Ferry Nurul Fajar dari Departemen Teknologi dan Edukasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, fitur YECVT alias turbo hanya menambah torsi. Pengendara bisa merasakannya saat putaran mesin bertambah (rpm/rpm).

“Yang pasti kalau pakai Y-Shift putarannya naik, performa dan kecepatannya naik, tapi harus akselerasi dulu,” ujarnya kepada wartawan di Sentul, Jawa Barat, Selasa (27/6).

Ia menjelaskan cara kerja Y-Shift dengan mengubah rasio puli pada CVT agar pengemudi merasa memiliki torsi lebih yang bisa digunakan untuk menambah kecepatan.

Saat tombol Y-Shift diaktifkan, kata Ferry, pengemudi harus memutar gas terlebih dahulu untuk mendapatkan torsi saat berkendara.

Mengaktifkan Y-Shift tidak berarti pengemudi akan memiliki kecepatan lebih tinggi, hanya memberikan kemampuan kepada operator untuk meningkatkan torsi dengan harapan akselerasi lebih cepat. Ferry mengatakan, top speed Nmax Turbo 2024 mencapai 120 kilometer per jam saat pengujian.

“Jadi kalau mobil ini pakai Y-Shift, harapannya bisa menambah kecepatan. Jadi nanti kita coba, tentu ini akan menurunkan atau mengubah rasio CVT jadi tidak, malah bertambah. kecepatannya ya, tapi rasio di V-beltnya berubah, ”ujarnya.

CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal NMax generasi ketiga, varian TechMax dan TechMax Ultimate.

Fitur Y-Shift pada motor ini tidak meningkatkan top speed saat berlari. Namun jika ingin dorong atau menanjak, bagus karena menambah torsi dengan cepat.

Kemudian Y-Shift dapat bekerja untuk memperlambat. Dengan cara ini, pada adegan menurun, mobil dapat diperlambat agar tidak terlalu bergantung pada mobil.

Fitur Y-Shift memiliki tiga level. Oleh karena itu, pengguna dapat mengubah tingkat akselerasi dan deselerasi saat digunakan. (bisa/akan)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia

20 September 2024 - 16:14

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Trending di Otomotif