Menu

Mode Gelap

Nasional · 20 Agu 2024

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Legalisasi Kratom


					Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Legalisasi Kratom Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Presiden Joko Widodo telah mengumpulkan beberapa menteri di Istana Kepresidenan Jakarta untuk membahas legalisasi kratom.

Menteri-menteri tersebut antara lain Kepala Staf Presiden Moldoko, Menteri Pertanian Andy Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Rapat dimulai pukul 10.00.

“Rapatnya soal kratom. Saya kira ada tiga hal, yang pertama pengelolaannya,” kata Moeldoko sesaat sebelum memasuki Istana Kepresidenan di Jakarta, Kamis (20/6).

Moeldoko mengatakan, standar pemberian kratom masih belum ada. Menurut dia, masyarakat banyak terkendala dalam melakukan ekspor karena tidak adanya standar yang jelas.

Departemen Perdagangan juga sedang mengembangkan sistem perdagangan untuk perdagangan kratom. Dengan cara ini ada kepercayaan bagi para pemangku kepentingan.

Pertemuan hari ini juga membahas legalisasi kratom. Ia mengatakan masih terdapat perbedaan pendapat dari banyak lembaga mengenai penggunaan kratom.

Masalah klasifikasinya, masih ada perbedaan hasil kajian BNN dan BRIN. Kami ingin memastikan apa sebenarnya status kratom, masih ada perbedaan penerimaan, ujarnya.

Hingga saat ini, banyak instansi pemerintah yang berbeda pendapat mengenai kratom. Tanaman ini dikatakan sebagai terapi alternatif, namun telah diteliti pada tingkat opiat.

“Kalau lebih banyak manfaatnya, apa pertimbangan hukumnya? Apa pertimbangan etisnya? Tapi kalau lebih banyak kerugian atau kerugiannya, kenapa kita harus melakukannya?” kata Inspektur Jenderal BNN Martens Hokum di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).

Saat ini, kratom belum masuk dalam undang-undang narkoba. Kratom juga tidak tergolong obat, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Perubahan Klasifikasi Produk Obat.

(dhf/tidak)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Satgas Beber Data Judi Online: Jabar Terbanyak, 7 Selebgram Ditangkap

20 September 2024 - 06:16

Disdik Depok: Wensen School Tak Punya Izin Daycare, Hanya KB

19 September 2024 - 07:15

KPU Klaim Tak Sewa Pesawat Jet untuk Distribusi Logistik Pilkada 2024

17 September 2024 - 15:14

Trending di Nasional