Menu

Mode Gelap

Otomotif · 26 Agu 2024

Toyota Ungkap Alasan Innova Reborn Sulit Pensiun Walau Sudah Ada Zenix


					Toyota Ungkap Alasan Innova Reborn Sulit Pensiun Walau Sudah Ada Zenix Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengungkap alasannya hingga saat ini masih memproduksi dua tipe Innova, yaitu generasi kelima bernama Reborn dan Innova Zenix generasi keenam. TMMIN menjelaskan, sejauh ini peminat Innova Reborn masih tinggi.

Presiden dan Direktur Utama TMMIN Bob Azam menjelaskan, penjualan Innova Reborn semakin meningkat karena banyak dipesan oleh pembeli di segmen bisnis atau armada, didukung oleh pertumbuhan industri, termasuk pariwisata.

“Reborn itu kapal. Malah kapal ini berkembang karena mungkin pertumbuhan pariwisata dan sebagainya,” ujarnya di Jakarta, Selasa (7/9).

Menurut Bob, Innova Reborn banyak digunakan oleh perusahaan travel untuk mengangkut wisatawan.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Mei 2024, total penjualan Innova menduduki peringkat kedua mobil terlaris dalam data grosir.

Pada bulan itu, Innova meraih penjualan sebanyak 5.381 unit, meningkat 2.576 unit dibandingkan April.

Namun dari 14 Kijang Innova yang didaftarkan Gaikindo, pengiriman Innova Reborn baik bensin maupun solar masih yang terbaik dibandingkan Innova Zenix.

Jika digabungkan, total penjualan Innova Reborn sebanyak 3.024 unit atau sekitar 56 persen dari total penjualan Innova di bulan Mei.

Padahal, penjualan Kijang Innova pada April sebanyak 2.805 unit, 1.666 di antaranya merupakan Innova Reborn.

Varian terpopuler adalah Kijang Innova G AT diesel yang dipasok total 1.635 unit. Toyota mempertahankan dua mesin pada Innova Reborn, yakni 1TR-FE 2.000cc dan 2GD-FTV 2.400cc.

Innova Zenix akan diluncurkan pada November 2022 dengan platform penggerak roda depan baru yang bisa menggunakan teknologi hybrid. Produksi berlangsung di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

Kini sudah hampir dua tahun kelahiran Innova Zenix, Innova Reborn dengan sistem penggerak roda belakang masih belum dihentikan produksinya karena beberapa modelnya masih dalam tahap produksi. Mengingat performa penjualan Innova Reborn yang terus tinggi, rasanya sulit untuk melepaskan model ini.

(anjing/uang)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif