Menu

Mode Gelap

Otomotif · 1 Sep 2024

Sering Dikira Musuhan, Yamaha Kini Jual Motor Listrik Honda


					Sering Dikira Musuhan, Yamaha Kini Jual Motor Listrik Honda Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Yamaha dan Honda merupakan dua merek yang berseberangan, namun keduanya memutuskan untuk “berdamai” untuk menyelesaikan masalah bersama yaitu sepeda motor listrik. Keduanya bersinergi untuk memudahkan konsumen memiliki sepeda motor listrik.

Pada tanggal 8 Agustus, Yamaha dan Honda secara bersamaan mengumumkan rencana penyediaan sepeda motor listrik Yamaha berdasarkan dua model, EM1 e: dan Benly e:.

Kedua sepeda motor tersebut tergolong Kelas 1 yang merupakan sepeda motor terlaris di Jepang. Kolaborasi ini dikatakan hanya untuk pasar Jepang, namun akan menarik untuk melihat apakah bisa meluas ke luar kota kita.

Honda akan memasok kedua model tersebut sebagai OEM ke Yamaha untuk dijual. Ini termasuk baterai e Honda Mobile Power Pack: yang memungkinkan sepeda motor listrik Yamaha memanfaatkan pertukaran baterai Honda.

Salah satu permasalahan pada sepeda motor listrik adalah baterai, termasuk ukuran, kapasitas, dan jangkauan. Solusinya antara lain dengan mengganti baterai untuk mengurangi waktu pengisian daya bagi konsumen.

Yamaha dan Honda mulai menjalin kerja sama penggantian baterai sepeda motor listrik pada tahun 2019. Mereka bersama Kawasaki dan Suzuki membentuk konsorsium khusus untuk mengembangkan spesifikasi teknis umum penggantian dan sistem penggantian baterai.

Spesifikasi standar penukaran baterai resmi diumumkan pada Maret 2021.

Kedekatan Yamaha dengan Honda di bidang sepeda motor listrik sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2016. Sementara itu, keduanya membahas kemungkinan membentuk aliansi Tier 1.

Dalam kesempatan tersebut ada tiga hal yang dibahas, yakni mengenai penyediaan model skutik 50 cc sebagai OEM, termasuk pengembangan model skutik 50 cc baru, dan kerja sama perluasan sepeda motor listrik ke kelas 1. (fea/fea)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif