Menu

Mode Gelap

Internasional · 5 Sep 2024

3 Negara dengan Kurikulum Sekolah Terbaik di Dunia


					3 Negara dengan Kurikulum Sekolah Terbaik di Dunia Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Beberapa negara dianggap memiliki sistem pendidikan yang lebih baik dibandingkan negara lain.

Sistem pendidikan yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti anggaran pemerintah yang mengutamakan pendidikan, layanan pendukung dan kurikulum yang ada.

Menurut laporan CEO World, pada tahun 2024 Amerika Serikat akan menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Pemeringkatan negara-negara dengan sistem pendidikan merupakan survei global yang memperhitungkan pendapat siswa, akademisi, guru, profesor, dan pakar kebijakan.

Pengklasifikasian ini didasarkan pada tiga faktor, yaitu sistem pendidikan masyarakat, tingginya kualitas pendidikan dan pertimbangan responden untuk melanjutkan pendidikan di negara masing-masing.

Menurut survei tersebut, Amerika Serikat menempati posisi pertama di depan Inggris dan Australia.

Inilah daftar negara dengan kurikulum sekolah terbaik di dunia berdasarkan pemeringkatan sistem pendidikan dari berbagai sumber.1. Amerika Serikat

Struktur kurikulum pendidikan AS mengikuti format sederhana. Kurikulum terdiri dari dua semester per tahun dan kredit diakumulasikan setiap tahun.

Kurikulum AS terdiri dari 13 tahun pendidikan. Siswa menerima pendidikan dari pendidikan anak usia dini sampai standar kedua belas.

Amerika membaginya menjadi tiga jenjang kurikulum pendidikan, yakni SD hingga kelima, keenam hingga kedelapan, dan kesembilan hingga kedua belas.

Mata pelajaran wajib yang diambil siswa adalah bahasa Inggris, seni, matematika, sains, dan IPS, menurut situs lembaga yang fokus di bidang pendidikan, BEAM.

Kurikulum AS bertujuan untuk mendidik anak secara holistik dan membantu siswa menemukan minat mereka untuk mencapai potensi tertinggi mereka sebagai individu.

Bagaimana penilaian sekolah di Amerika?

Guru memberikan nilai kepada siswa untuk berbagai hal seperti interaksi kelas, tugas, kuis, dan kehadiran.

Penilaian akademik dalam kurikulum AS terdiri dari lima, enam atau tujuh huruf. Nilai meliputi A+, A, A-, B+, B, B-, C+, C, C, C-, D+, D, D- dan F.

2. Inggris

Inggris menduduki peringkat kedua dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Kurikulum sekolah dasar di Inggris meliputi Kurikulum Nasional, pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas, serta pendidikan agama.

Pemerintah Inggris mewajibkan sekolah untuk mengajarkan pendidikan karakter, sosial dan kesehatan, bahasa asing modern, dan kewarganegaraan.

Kurikulum Nasional ini berisi seperangkat mata pelajaran dan standar yang digunakan di sekolah dasar dan menengah.

Kurikulum Nasional dibagi menjadi beberapa blok yang disebut Tahapan Utama (KS), sebagaimana disebutkan dalam situs resmi Inggris.

KS ini terdiri dari beberapa bagian, seperti Tahap Awal untuk anak usia 3-4 tahun dan 4 hingga 5 tahun, KS1 untuk anak usia 5 hingga 6 tahun dan 6 hingga tujuh tahun.

KS1 mencakup proses penyaringan siswa dan ujian nasional membaca bahasa Inggris dan matematika.

KS2 untuk usia 7 hingga 11 tahun. Mereka belajar matematika, tata bahasa, pengucapan, tanda baca dan menulis.

KS3 untuk usia 11 hingga 14 tahun dan KS4 untuk usia 14 hingga 16 tahun. Ini adalah KS4, yang sebagian besar siswanya mengikuti ujian nasional.

Meskipun Inggris memiliki kurikulum sekolah, sekolah dan akademi swasta bebas menentukan kurikulumnya sendiri. Namun, mereka tetap harus mengajar Bahasa Inggris, Matematika dan Sains.3. Australia

Australia mempunyai sistem pendidikan terbaik ketiga di dunia.

Kurikulum Australia memandu apa yang dipelajari siswa di sekolah dan dibagi menjadi beberapa bagian.

Kurikulumnya mencakup delapan bidang inti pembelajaran, yaitu Bahasa Inggris, Matematika, Sains, Humaniora dan Ilmu Sosial, Pendidikan Kesehatan dan Jasmani, Bahasa, Teknologi dan Seni.

Kurikulumnya mencakup tujuh keterampilan umum, yaitu literasi, numerasi, literasi digital, berpikir kritis dan kreatif, keterampilan pribadi dan sosial, pemahaman antar budaya, dan pemahaman etika.

Australia memiliki tiga prioritas lintas kurikuler, yaitu keberlanjutan, Asia dan keterlibatan Australia dengan Asia, serta sejarah dan budaya Aborigin dan Penduduk Pribumi Selat Torres, termasuk ‘dan disebutkan di situs resmi pemerintah. (SMA/Sarjana Muda)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Bom-bom Israel ke Gaza Mengalahkan Kebrutalan Perang Dunia 2

20 September 2024 - 08:14

Tabrakan Kereta di Ceko Tewaskan 4 Orang

20 September 2024 - 07:15

81 Warga Nigeria Tewas dalam Serangan Teroris Boko Haram

20 September 2024 - 05:15

Trending di Internasional