Menu

Mode Gelap

Otomotif · 5 Sep 2024

Tidak Perlu Panik, Recall Toyota bZ4X karena Kamera


					Tidak Perlu Panik, Recall Toyota bZ4X karena Kamera Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menarik kembali produknya alias mobil listrik bZ4X karena masalah kamera. Penarikan kembali ini juga mempengaruhi model Lexus ES, Lexus LS, Lexus NS dan Lexus RX

Penarikan kembali bZ4X ini merupakan yang kedua yang dilakukan Toyota pada tahun 2024. Pada Januari lalu, ada 595 unit bZ4X yang ditarik kembali karena masalah pada electronic control unit (ECU).

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan kampanye penyempurnaan tersebut ditujukan kepada pemilik bZ4X tahun produksi Desember 2022 – Agustus 2023.

TAM menghimbau kepada pelanggan Toyota bZ4X dan banyak model Lexus pada tahun produksi Desember 2022 – Agustus 2023 untuk mengunjungi bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat untuk memeriksa dan mengganti kamera tampak depan dan kamera tampak belakang pada kendaraannya, katanya. . Senin (19/8) Hal itu diungkapkannya dalam keterangannya.

Toyota bZ4X dilengkapi dengan kamera yang digunakan untuk menangkap dan menampilkan gambar area depan dan belakang kendaraan.

Fitur ini juga digunakan pada produk Lexus di Indonesia untuk menunjang parkir. Namun, Toyota menemukan proses pengelasan laser pada housing kamera kurang maksimal.

Cacat pengelasan terdapat pada dudukan ruang yang dapat kendor jika lama kelamaan ada tekanan dari luar.

“Biarkan air masuk ke dalam ruangan,” kata Henry.

Jika kondisi ini tidak segera diperbaiki, bisa terjadi korsleting pada sirkuit kamera sehingga menyebabkan kamera tidak bisa mengirimkan gambar ke layar.

Proses perbaikan kamera memakan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam. Jika komponen perlu diganti, akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam.

Oleh karena itu, Toyota dan Lexus meminta pemilik mobil memberikan waktu yang cukup agar seluruh proses berjalan lancar.

Seluruh proses pemeriksaan hingga pemeriksaan terakhir pada bZ4X dan banyak model Lexus tidak dipungut biaya.

Tidak dijelaskan berapa jumlah kendaraan bZ4X yang terkena dampak reward ini. Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan pelanggan dapat menghubungi diler Toyota atau Lexus untuk mengetahui apakah kendaraannya termasuk model yang menerima panggilan tersebut.

Pelanggan dapat melakukan pembatalan melalui website resmi kami https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau melalui Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam sehari di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant ( TARRA) dapat mengakses informasi melalui WhatsApp di 0811-1500-315,” ujarnya.

Khusus Lexus, hubungi Customer Support Lexus 24 jam di nomor telepon 021-390-9999 atau 0821-8090-0900.

(kaleng/mikrofon)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif