Menu

Mode Gelap

Nasional · 24 Jul 2024

Rumah Pensiun Jokowi di Colomadu Bisa Diwariskan ke Anak Cucu


					Rumah Pensiun Jokowi di Colomadu Bisa Diwariskan ke Anak Cucu Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapat rumah jompo dari negara. Bisa ditinggal di rumah atau diwariskan kepada anak cucu.

Rumah ini berlokasi di Jalan Adi Sosipto, Desa Bulakan, Kecamatan Kolomadu, Kabupaten Karanganiyar, Jawa Tengah. Pembangunan rumah telah dimulai.

Rumah itu bisa segera disita dan menjadi hak milik, bisa diwariskan kepada ahli warisnya, kata Sekretaris Setneg Setia Otama melalui pesan singkat, Kamis (27 Juni).

Setia mengatakan, lokasi rumah tersebut merupakan pilihan Jokowi. Ia tidak mengetahui alasan Jokowi dan keluarga memilih tempat tersebut.

Kendati demikian, dia memastikan donasi rumah tersebut berlangsung sesuai aturan hukum. Mulai dari luas tanah hingga anggarannya diatur dalam batasan undang-undang.

Besaran anggarannya diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan 120/PMK.06/2022 tentang Penyediaan, Kriteria Kelayakan, dan Perhitungan Biaya Rumah Tinggal Mantan Presiden dan/atau Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia. “ucap Setya.

Setiap mantan presiden dan wakil presiden mendapat satu rumah. Hal ini diatur dalam Pasal 8 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta Mantan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Susilo Bambang Yudhoyono, presiden keenam RI, memilih rumah di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan. Presiden kelima RI Megawati Sukarnoputri memilih rumah di Jalan Teoko Umar No 27 dan 29, Jakarta Pusat.

Ada pula mantan presiden yang menolak pemberian perumahan dari negara, yakni presiden ketiga Indonesia, Abdul Rahman Wahid. Gus Dorr memutuskan kembali ke rumahnya di Segunjore, Jakarta Selatan.

Meski demikian, ia tetap menerima Rp 20 miliar yang sebelumnya dianggarkan untuk membeli rumah. (fr)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Diduetkan dengan Anies, Sohibul Iman Pede Menang Lawan RK di Jakarta

20 September 2024 - 18:15

Polisi Ungkap Audrey Davis Sempat Diancam Mantan Pacar soal Video Syur

20 September 2024 - 17:14

Satgas Beber Data Judi Online: Jabar Terbanyak, 7 Selebgram Ditangkap

20 September 2024 - 06:16

Trending di Nasional