Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 22 Mei 2024

Ibu Negara Belanja Produk UMKM Binaan Pertamina di Dekranas Expo 2024


					Ibu Negara Belanja Produk UMKM Binaan Pertamina di Dekranas Expo 2024 Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditunjukkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan menghadiri Expo Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 yang berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/5).

Acara ini tidak hanya sekedar pameran produk kerajinan lokal, namun juga merupakan bukti komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan sektor UMKM di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Iriana tidak sendirian, ia didampingi Wury Ma’ruf Amin, istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kehadiran kedua tokoh penting ini disambut hangat oleh peserta pameran dan pengunjung yang memenuhi tempat acara.

Dalam kunjungan tersebut, Iriana dan Wury menunjukkan perhatian yang besar terhadap berbagai produk UMKM yang dipamerkan. Bahkan mereka sempat singgah di beberapa booth UMKM, salah satunya booth Mitra Promosi Pertamina.

Bahkan, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, mereka membeli beberapa produk yang lebih berkualitas dari peserta binaan Pertamina, seperti batik dan gelang hasil karya perajin lokal.

“MS. Iriana membeli gelang dari stand mitra Pertamina di toko UMKM Joglo Ayu dan membeli beberapa batik dari UMKM Griya Kain Solo,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5).

Ia menambahkan, Iriana dan Wury bersama Liza Erick Thohir juga berkesempatan mencicipi kopi dari Canaya Geothermal Coffee, UMKM binaan Pertamina Geothermal Energy.

Fadjar menjelaskan, kopi tersebut berasal dari Kamojang, Jawa Barat. Kopi ini melalui proses produksi dan pengeringan menggunakan panas bumi yang merupakan inovasi pertama di dunia.

Di sisi lain, Pemilik Griya Kain Solo, UMKM binaan Pertamina Solo yang memproduksi batik tulis, Esti mengaku senang bisa diundang Pertamina untuk mengikuti pameran tersebut.

“Saya senang sekali ketika mendapat informasi ada pameran, karena pastinya bisa menambah pendapatan, menambah pelanggan terus dan produk kita bisa dipromosikan,” kata Esti.

Sekadar informasi, Pertamina selalu berkomitmen untuk terus membantu UMKM maju di kelasnya. Pertamina sendiri memiliki beberapa program untuk UMKM binaan yang dibinanya, khususnya UMKM artisanal.

Beberapa diantaranya adalah program pembinaan yang meliputi pelatihan, keterlibatan dalam pameran baik di dalam maupun luar negeri, pemberian akses sertifikasi, pemberian hibah alat teknologi tepat guna, publikasi dan promosi. (tertawa)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kode Pamitan Sri Mulyani: I’m Gone

20 September 2024 - 14:14

Rupiah Tertekan ke Rp16.228 Pagi Ini Imbas Kondisi Politik AS

20 September 2024 - 04:15

Melihat Besaran Gaji PNS Kementerian Keuangan

19 September 2024 - 19:14

Trending di Ekonomi