Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 1 Jun 2024

Jokowi Bakal Groundbreaking Pusat Mangrove di KEK Bali


					Jokowi Bakal Groundbreaking Pusat Mangrove di KEK Bali Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Presiden Joko Widodo (Yokowi) akan meletakkan batu pertama atau landasan pembangunan Mangrove Research Center atau International Mangrove Research Center (IMRC) di Kawasan Ekonomi Khusus Penyu (KEK Kura-Kura) Bali.

Renovasi tersebut akan berlangsung pada World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan hal tersebut sebagai pencapaian kerja sama pemerintah dengan pemerintah UEA sebagai komitmen mengatasi permasalahan air dan sanitasi.

“Presiden akan hadir.” Semua detail acara sudah siap. Nanti juga akan ada pembukaan di Pulau Penyu,” kata Luhut dalam keterangan resmi di Badung, Bali, Selasa (14/5).

IMRC bertujuan untuk membantu meningkatkan penelitian, inovasi dan berbagi pengetahuan mengenai mangrove di seluruh dunia. Inisiatif ini sejalan dengan Mangrove Breakthrough yang disepakati pada COP28 World Summit for Climate Action pada 2 Desember 2023.

Pembentukan IMRC di Bali diharapkan dapat mendukung berbagai inisiatif restorasi dan konservasi mangrove di Indonesia, seperti proyek Mangrove for Coastal Resilience yang fokus pada penguatan kebijakan dan kelembagaan dalam pengelolaan dan rehabilitasi mangrove secara berkelanjutan serta meningkatkan beragam peluang bagi masyarakat. kehidupan masyarakat pesisir.

Luhut mengatakan revolusi IMRC merupakan titik balik untuk menunjukkan kepada dunia komitmen dan kontribusi nyata yang telah dilakukan, khususnya di bidang pengelolaan sumber daya air.

Melalui forum air terbesar di dunia ini, Indonesia diharapkan dapat menjadi role model bagi negara lain karena keberhasilannya dalam mengelola sumber daya air.

Sekadar informasi, Indonesia merupakan negara ketiga di Asia setelah Jepang dan Korea Selatan yang terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10.

Forum air ini akan memuat tiga proses utama yaitu tematik, regional dan politik, serta enam subtema yang sejalan dengan hasil diskusi pada Konferensi Air Dunia di New York pada tahun 2023.

Luhut juga mengungkapkan Yokowi akan hadir bersama Elon Musk di World Water Forum, sekaligus meresmikan layanan internet satelit Starlink pada Minggu (19/5).

Layanan ini akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, khususnya daerah miskin, perbatasan dan terluar (3T).

Elon Musk juga akan berbicara pada pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali, kata Luhut.

(dari untuk)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kode Pamitan Sri Mulyani: I’m Gone

20 September 2024 - 14:14

Rupiah Tertekan ke Rp16.228 Pagi Ini Imbas Kondisi Politik AS

20 September 2024 - 04:15

Melihat Besaran Gaji PNS Kementerian Keuangan

19 September 2024 - 19:14

Trending di Ekonomi