Menu

Mode Gelap

Internasional · 13 Sep 2024

Eks Jenderal IDF Sebut Agresi Israel di Gaza Asal-asalan


					Eks Jenderal IDF Sebut Agresi Israel di Gaza Asal-asalan Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Pensiunan jenderal militer Israel Itzhak Brik mengkritik Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan bawahannya atas ketidakmampuan mereka dalam melancarkan perang di Jalur Gaza di Palestina.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Maariv, Brik menulis bahwa Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Kepala Staf Herzi Halevi harus mengundurkan diri “dan dimasukkan ke dalam penjara.”

Pasalnya, taktik perang tentara Israel saat ini serampangan dan tidak memiliki tujuan yang jelas. Ia yakin hal ini berbeda dengan strategi perang militer yang efektif pada zamannya.

“Setiap hari, tentara kami tewas ketika mereka memasuki rumah-rumah yang terkepung tanpa disiplin operasional, tanpa prosedur dasar, tanpa pengetahuan, tanpa kendali dan pengawasan oleh komandan senior, dan tanpa menerima pelatihan dasar sebelum memasuki sebuah gedung, seperti menembakkan tank atau peluru artileri dan dikirim. sebuah pesawat tanpa drone dan anjing polisi untuk memeriksa gedung tersebut,” kata Brik, seperti dikutip Middle East Monitor (MEMO).

Brik mengatakan tentara pendudukan Israel tidak seharusnya menyerang Hamas seperti itu. Israel harus menyerang dengan “gaya gerilya” dan menghindari pertempuran tatap muka.

“[Ini karena Hamas melakukan perlawanan] dengan memasang perangkap, meledakkan gedung, menembakkan roket dan bersembunyi di bukaan terowongan, sehingga menimbulkan kerugian besar bagi tentara Israel,” katanya.

Karena taktik yang tidak biasa ini, jumlah tentara dan perwira Israel yang tewas sejak awal perang terus meningkat. Saat ini, 650 tentara telah tewas, dan 298 di antaranya tewas sejak dimulainya serangan darat pada akhir Oktober tahun lalu.

Sejak agresi Israel dimulai Oktober lalu, Brik mengkritik kepemimpinan militer dan politik Israel. Ia menilai Netanyahu dan militer gagal dalam melakukan perang.

Bahkan, para prajurit tersebut kembali ke wilayah yang pernah mereka duduki saat masih menjadi tentara.

“Sudah lama sekali pasukan kami tidak kembali dan berulang kali menyerang tempat-tempat yang kami duduki di Jalur Gaza. Kurangnya pasukan tidak memungkinkan kami untuk tinggal lama di Gaza, dan dengan setiap serangan, kami harus menanggung akibat yang sangat tinggi dalam hal kematian dan cedera.” katanya. (blq/baca)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Bom-bom Israel ke Gaza Mengalahkan Kebrutalan Perang Dunia 2

20 September 2024 - 08:14

Tabrakan Kereta di Ceko Tewaskan 4 Orang

20 September 2024 - 07:15

81 Warga Nigeria Tewas dalam Serangan Teroris Boko Haram

20 September 2024 - 05:15

Trending di Internasional